Silabus Analisis Proses Bisnis

MK  Analisis Proses Bisnis

Dosen : Ahmad Zuhdi

TUJUAN :
  • Mempelajari peran analis bisnis
    •     Mengembangkan keakraban dengan berbagai alat dan teknik yang digunakan oleh para analis bisnis
    •    Pemodelan proses berjalan dengan menggunakan teknik yang berbeda
    •    Pemodelan proses usulan menggunakan teknik yang berbeda
    •    Mempelajari tentang praktik terbaik (Best Practice) yang berlaku untuk analisis proses bisnis
    • Buat proyek charter perbaikan dan rencana proses
    • Memilih proses untuk perbaikan
    • Membangun perbaikan berkelanjutan
    • Mempelajari tentang kasus penggunaan, aliran data, dan diagram hubungan entitas
    • Memahami dan mendemonstrasikan analisis akar penyebab
    • Mempelajari identifikasi dan mengumpulkan informasi dari para stakeholder
    • Mendemonstrasikan menciptakan dan memberikan usulan perbaikan proses
    • Memahami Siklus Deming
    • Gunakan Pareto dan analisis resiko dalam proses seleksi peningkatan
TOPIK KULIAH : I. Pendahuluan
II. Peran Analis Bisnis
III. Keterampilan dan alat Analis Bisnis
IV. Analisis Standar Bisnis Proses, Praktik Terbaik, dan Badan Pengetahuan
V. Metode dan Teknik Memilih Proses untuk Peningkatan
-  Menggunakan Lembar Proses Seleksi
-  Menggunakan Analisis Pareto
-  Menggunakan Analisis Risiko
VI. Analisis kausal
-  Membuat Diagram Root Penyebab
-  Membuat Diagram Fishbone
VII. Mengembangkan Charters Proyek
VIII. Mengidentifikasi Stakeholder
IX. Metode dan Teknik untuk Mengumpulkan Informasi
X. Wawancara Stakeholder
XI. Melengkapi Analisis Stakeholder
XII. Menjaga Komunikasi dengan Pemangku Kepentingan
-  Memberikan Komentar Reguler
-  Mengkomunikasikan Proposal Proyek
-  Mengkomunikasikan Status Proyek
XIII. Memahami dan Menggunakan SIPOC
XIV. Sebuah Proses diagram
XV. Menggunakan Tingkat Proses
XVI. Memahami Siklus Deming
XVII. Peningkatan Berkesinambungan dan “Goal-Pertanyaan-Metrik” Analisis
XVIII. Pengembangan dan Penggunaan Rencana Proyek untuk Analisis Bisnis dan Perbaikan Proses
XIX. Entry-Tugas-Validasi-Keluar Definisi Proses
XX. Proses diagram a – Swim Lane
XXI. Memperkenalkan DMAIC (Define-Ukur-Analisis-Meningkatkan-Control)
XXII. Menggunakan Metode End-to-End Mengidentifikasi Perbaikan Proses (STP)
XXIII. Kasus Gunakan Menggambar Diagram
XXIV. Menggunakan Diagram Use Case
XXV. Menggunakan Data Flow Diagram
XXVI. Menggunakan Entity Relationship Diagram
XXVII. Menyiapkan dan Memberikan Analisis Bisnis dan Proposal Proses Perbaikan
XXVIII. Plan-Do-Check-Act (Siklus Deming) dan Peningkatan Berkelanjutan
Share

Leave a Reply

  

  

  


*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.