Implementasi KMS

Sebuah strategi Manajemen Pengetahuan (KM) yang baik merupakan sebuah perencanaan tindakan, yang menggambarkan kebutuhan-kebutuhan yang harus dijalankan terkait dengan strategi organisasi, serta memberikan batasan-batasan waktu ( timeline).  Faktor penentu keberhasilan proyek KM adalah komitmen dari pimpinan eksekutif, yang telah mendefinisikan arti/manfaat KM bagi organisasi, mengembangkan visi dan misinya. Permasalahan yang akan dijumpai, ketika pengintegrasian strategi KM adalah  cakupan (scope) implementasinya, apakah akan meluas atau terbatas/ fokus pada area yang lebih kecil di organisasi. Persoalan lainnya, apakah mau berkonsentrasi pada pengetahuan eksplisit (strategi pengkodean) atau tacit (strategi koneksi).

Implementasi KM sebaiknya dimulai dengan satu atau beberapa proyek percontohan, dengan tujuan yang didefinisikan secara jelas. Percontohan harus memperlihatkan dampak yang signifikan bagi keberhasilannya, dengan melibatkan pengguna-penggunanya dan berkonsentrasi pada  pembelajaran masa lalu (lesson learned) serta rekomendasi untuk mengantisipasi kegagalan di masa yang akan datang dan merencanakan untuk peningkatan. Integrasikan aspek-aspek yang beragam tsb, untuk mendapatkan kombinasi yang optimal dari pengetahuan.

Pelaksanaan KM menjadi tanggung jawab seluruh lini organisasi. Strategi yang baik untuk anggaran pengembangan KM adalah mengajukan inverstasi beberapa tingkatan dengan berbagai tingkat pengembaliannya. Implementasi program KM membutuhkan penciptaan peran-peran baru, baik pada kelompok pelaksana KM sendiri maupun di seluruh organisasi.  Keberhasilan implementasi KM juga dapat diwujudkan dengan pembentukan komite pengarah dari pimpinan senior.

( Baca Selengkapnya)

9 comments to Implementasi KMS

Leave a Reply

  

  

  


*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.