Pemodelan Diagram Use Case

Diagram Use case menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem perangkat lunak,  dengan menekankan “apa” yang dilakukan sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case menyajikan satu interaksi antara aktor dengan sistem, terkait dengan aktivitas tertentu, misalnya login ke sistem, mengaktifkan sebuah menu, membuat laporan, dan sebagainya. Aktor adalah pengguna sistem, baik manusia atau mesin, yang berinteraksi dengan sistem untuk melakukan aktivitas tertentu.

Diagram ini dibuat untuk membantu penyusunan kebutuhan atau persyaratan (requirement)  sebuah sistem perangkat lunak, apabila diterapkan pendekatan berorientasi obyek (Object oriented analysis). Pengembang sistem diberikan kemudahan dalam mengkomunikasikan rancangan dengan klien, dan merancang test case untuk semua feature yang ada pada sistem.

Suatu use case dapat meng-include fungsionalitas use case lain sebagai bagian dari proses dalam dirinya. Secara umum diasumsikan bahwa use case yang di-include akan dipanggil setiap kali use case yang meng-include dieksekusi secara normal. Sebuah use case dapat di-include oleh lebih dari satu use case lain, sehingga duplikasi fungsionalitas dapat dihindari dengan cara menarik keluar fungsionalitas yang common. Sebuah use case juga dapat meng-extend use case lain dengan behaviour-nya sendiri. Sementara hubungan generalisasi antar use case menunjukkan bahwa use case yang satu merupakan spesialisasi dari yang lain.

( Baca Selengkapnya)

 

4 comments to Pemodelan Diagram Use Case

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.