Tiqui Taca

Kata ini sudah menjadi kosa kata universal walaupun baru berusia beberapa tahun. Ia identik dengan sepak bola FC Barcelona dan Timnas Spanyol.

Tiqui taca sendiri sesungguhnya sebuah istilah yang digunakan untuk menamai gaya permainan yang menekankan penguasaan bola dimainkan berupa umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki dan transisi bola yang cepat dipadu mobilitas konstan mencari tempat kosong untuk menerima umpan teman tim.

Perjalanan gaya tiqui taca sesungguhnya tidak mulus. Pada awalnya penerapan gaya ini menimbulkan ketidaksukaan pada sebagian ahli taktik dan strategi lapangan bola. Sebut saja misalnya pelatih Javier Clemente. Pelatih kawakan asal spanyol mengeritik tipe permainan ini karena menurut pandangannya gaya ini hanya menekankan penguasaan bola tetapi tidak menciptakan ruang kesempatan untuk mencetak gol. Jadi kurang ‘menggigit’ menurutnya.

Walau demikian, sejarah membuktikan bahwa baik Barcelona maupun Spanyol sukses di kancah sepak bola Eropa karena gaya tiqui taca.

Felicidades…. tiqui taca…

 

Share
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>