Panduan : Widget

Widget merupakan Menu yang tampil di sebelah kanan dari blog saya, seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

Jika Anda ingin mengatur Widget yang terdapat di SideBar anda, anda sebaiknya mengikuti cara dibawah ini:

1) Masuk Ke menu Appearance -> Widget

Pada Blog ini saya menggunakan Jenis Templete yang mempunyai 3 buah widget slot, 2 untuk isi footer dan 1 lagi untuk sidebar widget.

Untuk menambahkan Sidebar dengan Widget yang ada, lakukan drag n drop Widget yang anda ingin masukkan ke dalam Blog Sidebar dan lakukan konfigurasi sesuai dengan yang Widget perlukan.

dan hasil yang akan keluar di Halaman Blog saya adalah sebagai berikut:

Notes: Widget yang dapat digunakan cukup banyak, jika dijelaskan 1 1 akan banyak sekali. Silahkan mencoba…

Panduan : Mengubah Themes

Diasumsikan anda sudah melakukan login dan berada di halaman admin blog anda.

Anda pilih menu Appearence -> Themes.

Anda dapat memilih Themes yang anda disukai. Untuk mencoba themes, anda dapat menekan tombol Preview. Jika anda suka dapat diactivate secara langsung.

hasil previewnya

dan hasil blog anda akan menjadi seperti dibawah ini. Dan dapat melakukan Activate and Publish jika theme ini sesuai dengan keinginan anda.

Note:

Jenis Themes ada banyak, ada yang 1/2/3 kolom, ada/tanpa header, ada/tanpa menu. Jadi pilih sesuai dengan keinginan anda.

Panduan : Upload / Delete File Media (PPT, PDF, TIFF, JPEG, GIF, PNG, MP3)

Upload File

Untuk mengupload, anda dapat dapat mengupload melalui halaman posts atau page anda langsung, atau melalui menu Media à Add New. File yang dapat anda upload hanya file dengan extension .pdf, .ppt, .tiff, .jpeg, .jpg, .png, .gif, dan .mp3 dan file yang anda dapat upload maksimal 3 MB perfile dengan kapasitas blog anda sebesar 100 MB.

Cara untuk mengupload melalui menu Media -> Add New adalah sebagai berikut :

Pilih file yang akan anda upload dengan menekan tombol Select Files, dan upload akan terjadi secara otomatis.

Setelah anda mengupload file, anda akan menemukan informasi seperti dibawah ini. Anda dapat pergunakan URL dari file untuk menampilkan PDF, PPT dan TIFF atau anda dapat menampilkan file gambar yang telah anda upload pada halaman posting anda dengan melakukan add Media.

Delete File

Untuk melakukan delete file anda dapat menuju ke menu Media -> Library.

lalu anda pilih Gambar atau file yang anda akan hapus,

Pada halaman ini, anda dapat menggeser cursor anda menuju ke file yang anda akan delete dan akan muncul pilihan untuk edit, delete dan view. Jika anda ingin menghapus file tersebut, anda dapat langsung menekan tombol Delete Permanently. Jika anda ingin mengubah informasi dari file tersebut, anda dapat menekan tombol edit.

Panduan : Comments

Salah satu fungsi yang penting pada bloging adalah comments. Comments ini menyediakan sarana bari para blogger untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara memberikan komentar terhadap posts atau pages.

Untuk melakukan comment, pengguna hanya perlu mengisi isian comment pada post dimana saja anda kehendaki.

Anda dapat memasukkan comment pada kolom diatas dan Submit Comment. Terkadang jika anda akan menemukan Captcha, isi Captcha sesuai dengan huruf atau angka yang tergambar dibawahnya, lalu Submit Comment.

Jika anda berada pada sisi admin, untuk melihat status comment anda, anda dapat melihat pada Dashboard yang ditunjuk pada panah seperti pada gambar dibawah ini:

Pada gambar diatas, diinformasikan bahwa pada blog anda terdapat 2 buah comment dan sudah diapprove untuk ditampilkan pada halaman utama.

Untuk melihat secara lebih detail comment yang ada pada blog anda, anda dapat klik Comments pada gambar panah diatas.

Anda dapat melakukan Approve, UnApprove, Delete, Spam, Edit dan Reply terhadap comment yang telah masuk. Jika anda merasa comment yang masuk bersifat tidak mengenakkan, anda dapat mendelete post tersebut atau memasukkan post tersebut ke dalam spam, agar post dengan pengirim yang sama tidak akan ditampilkan kembali.

Notes:

Secara default pada Blogger Community, comment akan otomatis di approve, sehingga harap anda melakukan control juga pada comment yang masuk.

Panduan : Edit / Delete Pages

Edit / Delete Pages hampir sama dengan melakukan Edit / Delete Post. Untuk melakukan Edit / Delete Pages, anda dapat menuju menu Pages -> Edit. Lakukan instruksinya seperti pada Edit / Delete Post.

Panduan : Pages

Untuk memasukkan Pages ke dalam blog anda, anda dapat melakukannya dengan mengikuti cara dibawah ini:

1) Masuk ke Pages -> Add New

Input isi Halaman web yang anda inginkan dan publish

2) Lakukan Menus (Appearance -> Menus) untuk mengatur urutan menu anda.

Anda dapat menambahkan menu, dapat dilihat di step 2.

Untuk menyusun menu (step3), Urutan Menu dari Kiri Ke Kanan = Page Order dari Atas Ke Bawah.

Lalu anda Tekan Tombol Save Menu (step 4) jika anda sudah selesai menyusunnya.

3) Hasil yang akan keluar dihalaman blog anda sebagai berikut :

Tambahan

4) Jika Anda menginginkan Halaman Home Page anda bukan merupakan Posting, tapi merupakan pages, anda dapat mengikuti cara dibawah ini :

Pilih menu Settings -> Reading

Ubah FrontPage Display anda menjadi Static Page

Pilih Halaman yang Anda inginkan untuk menjadi Home Page dan Posting Page.(cth. Home Page -> About Me, Posting Page -> About)

Lalu Save Changes.

Panduan : Edit dan Delete Post

Untuk melakukan Edit atau Delete posts, anda dapat ke menu Posts -> Edit.

Untuk mengeluarkan menu Edit, Quick Edit, Trash dan View, anda harus menggerakkan cursor mouse anda mendekati posts yang ingin anda edit atau delete.

Untuk melakukan edit, anda dapat menekan tombol Edit. Anda akan masuk ke halaman web dimana anda dapat mengubah isi posts anda, lalu Publish kembali.

Panduan : Categories dan Tags

Categories dan tags mempunyai fungsi yang hampir sama, pada intinya adalah agar para pengunjung dapat mencari posts (artikel) dengan mudah karena dengan menggunakan kedua fungsi tersebut membuat blog anda mempunyai index posting yang terstruktur.

Categories atau Kategori fungsinya sama dengan folder, yaitu menyimpan posting sesuai dengan topiknya. Satu posting artikel bisa dimasukkan dalam beberapa kategori, tapi sebaiknya 1-2 kategori saja.

Fitur Tag fungsinya sama dengan fitur Label pada blogspot, yaitu untuk memudahkan pengunjung atau kita sendiri menemukan hal-hal yang terdapat dalam suatu artikel. Dalam satu posting artikel bisa ditambahkan banyak tag, tag ini sebaiknya berupa kata-kata yang dibicarakan dalam artikel tersebur.

Untuk menambah Category, anda dapat menuju ke menu Posts -> Categories dan untuk menambah tags, anda dapat menuju ke menu Posts -> Post Tags. Cara penambahannya hampir sama, dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Anda hanya perlu mengisi nama category, category parent, dan deskripsi, lalu anda dapat menekan tombol Add Category. Untuk menghapus category, anda dapat menuju category yang hendak anda hapus dan tekan tombol delete yang berada dibawahnya. Untuk Category Parent, anda dapat membuat category anda menjadi hierarchy, misalnya: Parent Category = music, Category yang berada dibawahnya adalah jazz, maka ada dapat membuat category jazz dengan Category Parentnya adalah music.

Anda juga dapat melakukan add Category dan tags di halaman posting anda, anda dapat melihat pada gambar dibawah ini yang ditandai dengan tanda panah.

 

Panduan : Post

Posting Text

Untuk melakukan posting, anda dapat masuk ke menu Posts -> Add New.

Lalu anda dapat mengisi posting anda sesuai dengan yang anda butuhkan.

Pada saat melakukan posting jangan lupa untuk memasukkan Post Tags (kata kunci dari post anda) dan Post Category (kategori dari post anda) . Kedua ini sangat penting untuk membantu posting anda tersimpan secara terstruktur.

Posting Gambar, Video dan Suara

Untuk melakukan posting gambar, Video, Suara maupun embed video Youtube, dapat dilakukan dengan menekan tombil Add Media seperti yang ditunjuk pada gambar dibawah ini.

Posting Gambar, Suara dan Video

Lalu anda dapat mengupload gambar yang hendak anda masukkan.

setelah Gambar/Suara/Video di upload, anda dapat memasukkannya kedalam post anda dengan tombol Insert Into Post disisi kanan bawah.

Posting Youtube Video

Tekan tombol Add Media, pilih Insert from URL, masukkan URL Video Youtube anda dan tekan Insert into Post.

lalu, anda dapat menemukan Video Youtube anda posting di post anda.

Selanjutnya, anda dapat mempublish Post tersebut dengan menekan tombol Publish.

Dan untuk mendapatkan URL dari video anda di Youtube, anda dapat melihat pada tanda panah digambar dibawah ini.

Panduan : Profile dan Mengganti Password Blog

Profile ini berisi informasi mengenai anda. Pada profile ini juga anda dapat melakukan perubahan password dari blog anda.

Untuk dapat masuk ke dalam halaman profile anda, anda harus login terlebih dahulu yang akan membawa anda masuk ke dalam halaman admin dari blog anda, lalu anda menuju ke menu User Your Profile seperti yang ditunjuk oleh panah dibawah ini.

Pada halaman ini, anda dapat mengisi Nama, nickname (nama panggilan), informasi anda (seperti : website anda selain dari blog ini, Google+, Twitter account dan Facebook Account) serta informasi biografi dari anda. Setelah anda mengisi isian tersebut, anda harus menekan tombol Update Profile.

Jika anda ingin mengubah password anda, pada bagian bawah halaman Your Profile anda akan menemukan kolom New Password, Tekan Tombol Generate Password, ubah password sesuai dengan yang anda inginkan, namun untuk dapat mengaktifkan password anda, anda harus memenuhi tingkat kompleksitas password anda. Lalu anda perlu untuk menekan tombol Update Profile.