Panduan : Categories dan Tags

Categories dan tags mempunyai fungsi yang hampir sama, pada intinya adalah agar para pengunjung dapat mencari posts (artikel) dengan mudah karena dengan menggunakan kedua fungsi tersebut membuat blog anda mempunyai index posting yang terstruktur.

Categories atau Kategori fungsinya sama dengan folder, yaitu menyimpan posting sesuai dengan topiknya. Satu posting artikel bisa dimasukkan dalam beberapa kategori, tapi sebaiknya 1-2 kategori saja.

Fitur Tag fungsinya sama dengan fitur Label pada blogspot, yaitu untuk memudahkan pengunjung atau kita sendiri menemukan hal-hal yang terdapat dalam suatu artikel. Dalam satu posting artikel bisa ditambahkan banyak tag, tag ini sebaiknya berupa kata-kata yang dibicarakan dalam artikel tersebur.

Untuk menambah Category, anda dapat menuju ke menu Posts -> Categories dan untuk menambah tags, anda dapat menuju ke menu Posts -> Post Tags. Cara penambahannya hampir sama, dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Anda hanya perlu mengisi nama category, category parent, dan deskripsi, lalu anda dapat menekan tombol Add Category. Untuk menghapus category, anda dapat menuju category yang hendak anda hapus dan tekan tombol delete yang berada dibawahnya. Untuk Category Parent, anda dapat membuat category anda menjadi hierarchy, misalnya: Parent Category = music, Category yang berada dibawahnya adalah jazz, maka ada dapat membuat category jazz dengan Category Parentnya adalah music.

Anda juga dapat melakukan add Category dan tags di halaman posting anda, anda dapat melihat pada gambar dibawah ini yang ditandai dengan tanda panah.

 

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Universitas Trisakti

Alamat
Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia
Phone: (62-21) 566 3232
Fax: (62-21) 564 4270