Editorial Edisi 16

Patut disambut gembira dengan hadirnya kembali buletin FK USAKTI edisi ke 16 bulan Maret tahun 2019, dengan menyajikan beberapa informasi dan kegiatan yang diselenggarakan oleh civitas akademika. Informasi diawali dengan perayaan Dies Natalis Universitas Trisakti ke-53, kegiatan ini dimeriahkan dengan acara ilmiah, seni, olahraga.

Berlangsung pula pameran museum dan pendidikan, kegiatan bazar serta perlombaan. Kegiatan ilmiah yang rutin dilakukan setiap tahun, masih dalam suasana dies natalis, FK USAKTI menggelar seminar Annual Medical Practioner Meeting (AMPM). Seminar ilmiah tahunan kali ini membahas mengenai penanganan kegawat daruratan kasus neurologi. Keistimewaan lainnya, pada seminar tahun ini diadakan kompetisi poster.

Redaksi juga mengulas prestasi-prestasi mahasiswa dalam ajang nasional dan internasional. Kami juga mengapresiasi keberhasilan FK USAKTI dalam menyelenggarakan Lomba bergengsi bertaraf nasional.

FK USAKTI bersama BEM FK dan ISMKI wilayah II sukses menjadi tuan rumah dalam acara Regional Medical Olympiad (RMO). Pada perlombaan tersebut mahasiswa FK USAKTI berhasil mengungguli rekan-rekan dari universitas lain dalam cabang neuropsikiatri, digestif dan kardiorespirasi.

Informasi yang masih hangat untuk ditampilkan adalah pelantikan dan serah terima jabatan dekan FK USAKTI. Dr. dr. Raditya Wratsangka Sp. OG(K). 

Dengan diangkatnya dekan yang baru, diharapkan lima tahun kedepan FK USAKTI memiliki semangat baru untuk menjadi yang terdepan dan menghasilkan lulusan terbaik dan berkualitas serta dapat bersaing didunia internasional.

Editorial edisi 4

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME sehingga akhirnya kamí bisa menerbitkan Edisi ke-4 Buletin FK Usakti ini. Pada edisi kali ini, bisa dikatakan sebagai edisi ulang tahun Universitas Trisakti, karena digambarkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan baik oleh Fakultas Kedokteran maupun Universitas Trisakti dalam rangka merayakan ulang tahun atau Dies-Natalis Universitas trisakti yang ke-48.

Rekan sivitas akademika Usakti, seperti halnya perayaan ulang tahun kemeriahan, keceriaan, dan kebersamaan yang terpancar di dalamnya dan seolah tak ingin berakhir, redaksi berusaha mengabadikannya dalam berita utama dan berita liputan. Pada tajuk Dies Natalies sebagai berita utama mengabadikan berbagai “moment’ perayaan tersebut. Pada tajuk Homecoming, “moment Dies Natalis ini pun dimanfaatkan oleh FK Usakti untuk mengundang para alumni agar dapat turut serta berpartisipasi di FK
Usakti. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peran a dalam rangka menyonsong akreditasi FK Usakti yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2014 ini.

Meskipun sudah terlambat, tak ada salahnya segenap redaksi Buletin FK Usakti turut mengucapkan selamat ulang tahun Universitas Trisakti yang ke-48. Dan bertepatan dengan terbitnya edisi 4 ini, kami juga mengucapkan selamat tahun baru 2014 Masehi, semoga kita bisa berkarya lebih baik lagi pada tahun ini.

Editorial Edisi 3

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, sehingga. Edisi ke 3 Buletin FK ini dapat kami terbitkan. Pada edisi int digambarkan kegiatan kegiatan akademik-non akademik yang berlangsung maupun terkait dengan Fakultas kedokteran Universitas Trisakti selama bulan Jüli September 2013. Edisi ini membahas mengenai program Pengenalan Program Studi Mahasiswa Baru (PPSMB) hingga Uji Kompetensi Nasional calon dokter FK Usakti Rekan Sivitas akademika FK Usakti sekalian, tanpa terasa kita telah memasuki tahun ajaran baru. Mulai bulan September 2013 Tahun Akademik 2013-2014 dimulai. Di tahun akademik ini Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti menerima 257 mahasiswa baru dari
2225 peminat yang berasal dari seluruh Indonesia. Tahun akademik ini dimulai dengan rangkaian acara dari pertemuan orang tua mahasiswa baru, Pengenalan Program Studi Mahasiswa Baru (PPSMB), kemudian dilanjutkan dengan kuliah perdana. Kegiatan kuliah perdana merupakan agenda perkuliahan yang baru pertama kali dilaksanakan di FK Usakti yang selanjutnya akan menjadi agenda rutin setiap awal kuliah pada tahun akademik baru. Kegiatan tersebut lebih menekankan untuk membuka wawasan dan menaikkan motivasi para mahasiswa baru yang akan menjalani perkuliahan yang padat mengikuti jadwal pendidikan kedokteran yang telah disesuaikan dengan Standar kompetensi dokter Indonesia 2012. Bersamaan dengan terbitnya edisi ke-3 ini, kita telah memasuki bulan Haji atau Dzulhidjah. Kami segenap pimpinan dan staf akademik dan kependidikan di FK Usakti mengucapkan selamat merayakan hari Raya ledul Adha, dan bagi yang telah melaksanakan Ibadah Haji, semoga menjadi haji yang mabrur/mabruroh. Aamiin

Editorial Edisi 2

Sivitas akademika yang kami hormati

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, sehingga Edisi ke-2 Buletin FK Usakti ini dapat kami terbitkan Baiknya apresiast serta antusiasme yang tinggi setelah terbitan perdana membuat tim buletin semakin bersemangat untuk bekerja. Disela rutinitas mudah-mudahan apa yang kami sajikan pada edisi ke-2 ini dapat cukup menggambarkan kegiatan di fakultas selama Bulan Mei-Juni 2013. Edisi kali ini dibahas secara mendalam restrukturisasi di FK Usakti dan perubahan kurikulum pendidikan Program Studi Sarjana Kedokteran dan Program Studi Profesí Dokter sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia Tahun 2012 Rekan sivitas akademika FK Usakti, diawal bulan Juli ini ada suatu istilah yang menjadi begitu populer di tengah-tengah tenaga pendidik (dosen) dan kependidikan (TPG) FK Usakti yaitu “mental berlimpah”.

Kata tersebut adalah buah tangan dari rangkaian kegiatan akhir rapat kerja fakultas kedokteran berupa outbond di daerah Bogor – Jawa Barat, dan merupakan cerminan dari pribadi yang melakukan pekerjaan dengan ikhlas tanpa melihat pamrihnya, bekerja dengan sepenuh hati dengan melakukan yang terbaik dan memberi yang terbaik dari yang dimiliki. Bersamaan dengan terbitnya edisi ke-2 ini, kita telah memasuki bulan suci Ramadhan. Kami staf Buletin FK Usakti mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang
menjalankannya. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT
Salam hangat “mental berlimpah!”

Editorial Edisi 1

Salam hangat,
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, atas berkat rahmatNya maka buletin FK ini dapat diterbitkan kembali. Sebagaimana terlihat, buletin FK baru tampak lebih informatif, karena memang ditujukan untuk menjadi media informasi dan komunikasi fakultas atas segala kegiatan yang dilakukan di lingkup FK Usakti Memang sedikit lebih sibuk dan menyita lebih banyak waktu diantara tugas-tugas yang nampak semakin bertambah, namun karena merasakan pentingnya kebutuhan dalam memberikan informasi maka tim berusaha disela-sela waktu untuk mencoba melengkapi dan menggambarkan kepada pembaca kegiatan yang ada di fakultas. Keterbatasan dalam jumlah halaman, pengeditan dan percetakan, membuat tim tidak dapat memuat semua kegiatan di fakultas dan untuk itu kami mohon maaf. Buletin FK ini selanjutnya akan diterbitkan setiap 3 bulan dan kedepan kami berharap buletin ini akan semakin berkembang, lebih aktif, lebih informatif dan komunikatif. Untuk itu kritik dan saran membangun tentu akan kami hargai. Pada edisi kami berikutnya akan memuat mengenai restrukturisasi di FK Usakti dan perubahan kurikulum PSSK sesuai SKDI 2012.

Salam Hipokrates!