Fajar462

Mengaktifkan Verifikasi 2 langkah di account email @trisakti.ac.id

Apa yang dimaksud verifikasi 2 langkah ?

Fitur verifikasi 2 langkah ini adalah fitur untuk mengamankan email anda dari hacker. Dengan fitur ini hacker tidak akan gampang masuk ke email anda walaupun hacker tersebut mengetahui alamat email dan password anda. Fitur ini hanya akan aktif apabila anda login ke account email anda melalui perangkat pc/laptop baru yang tidak biasa anda gunakan untuk membuka emai anda. Sedangkan untuk perangkat yang anda sering gunakan untuk membuka email, fitur ini tidak aktif. Cara kerja fitur ini adalah menyingkronkan nomor hp anda ke dalam account email anda, sehingga apa bila anda login dari perangkat pc/laptop yang bukan anda pergunakan sebelumnya maka akan diminta memasukan kode sandi yang dikirim melalui SMS. Dengan fitur ini maka tidak akan sembarang orang bisa membuka account email anda walapun tahu alamat email dan password account email anda.

 

Berikut cara untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah :

  1. Login email @trisakti.ac.id melalui gmail.com dengan komputer pc atau laptop.

2. Masukan kata sandi anda.

3. Setelah login dan masuk halaman email, klik tombol disebelah pojok kanan atas yang terdapat inisial huruf nama depan anda, atau foto anda kalau sudah memasukan foto. Klik tombol yang di lingkari warna merah, kemudian klik tulisan “Manage Your Google Account” yang di kotakin warna merah. Lihat gambar dibawah ini.

4. Setelah itu anda akan melihat tampilan personal info. Klik modul security yang di kotakin warna merah. Lihat gambar dibawah ini.

5. Setelah itu klik modul “Recovery Phone” di menu “ Ways we can verify it’s you”, lihat gambar dibawah ini yang di kotakin warna merah.

6. Masukan nomor hp anda dengan klik tombol “ADD RECOVERY PHONE”, kemudian ikuti step selanjtunya. Lihat gambar dibawah ini.

 

Masukan nomor HP anda setelah itu klik tombol “NEXT”.

Klik tombol “GET CODE” untuk mendapatkan kode verifikasi dari google melauli SMS ke nomor anda yang telah di daftarkan.

Contoh sms yang di kirim oleh google ke nomor HP. Masukan kode tersebut ke dalam kolom “Enter the code” seperti gambar di bawah ini. kemudian klik “VERIFY”.

Apabila sudah memasukan code dari google maka nomor hp anda sudah terdaftar di account email anda. Lihat gambar dibawah ini.

7. Selesai

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *